Jumat, 16 Oktober 2009

Jurus jitu Antisipasi Virus

Bagi beberapa perusahaan computer merupakan salah satu ujung tombak kelancaran sebuah perusahaan. Melalui komputerlah berbagai macam data penting perusahaan diolah dan disimpan. Namun ada kalanya data-data dalam computer disisipi “benda tak diinginkan” alias virus.
Hal ini bukan Cuma dirasakan rugi bagi perusahaan namun juga bagi orang yang menggantungkan pekerjaanya pada computer. Computer yang terkena virus memang ibarat malapetaka. Selain pekerjaan terhambat, data-data penting dan berharga pun jadi tidak bisa dibuka bahkan hilang. Ada berbagai macam jalur masuknya virus kedalam computer. Biasanya jalur-jalur yang tanpa disadari, anda sendiri yang membukanya.
Sebagai contoh, virus dapat masuk melalui attachment e-mail anda. Jika kamu menerima e-mail yang berisi ettachment mencurigakan sperti file program dengan ekstension atau akhiran *.exe, *.pif, dan *.bat. sebaiknya kamu teliti dulu. Perhatikan apakah anda kenal dengan si pengirimnya. Setelah perhatikan apakah gaya bahasa yang dia gunakan memang gaya bahasanya.
Selain itu sebaiknya kamu tidak cerobih menginstall software. Kini software dapat diperoleh dimana-mana. Bisa dari toko-toko CD, hasil download, atau dari teman. Biasanya melalui software-software inilah virus maupun spyware dapat bersembunyi pada program yang dipasang tanpa anda sadari. Untuk mengantisipasi, anda dapat membiasakan mem- backup semua file penting kamu secara berkala.
Hal ini dapat kamu lakukan dengan berbagai macam media seperti flash disk, CD, atau DVD. Langkah ini sebaiknya kamu lakukan agar jika data-data kamu penting ada yang hilang, maka masih aa data cadangan.
Jika computer kamu dipakai orang lain, pastikan dia tidak melakukan hal yang dapat merugikan computer. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa membuat account khusus untuk tamu (guest) dengan beberapa batasan yang dapat kamu setting sendiri. Ini untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada orang yang menginstall program, memasukkan flash diskatau disket, yang mengandung virus atau spyware.
Nah, sebaiknya kamu waspada ketika sedang berkoneksi dengan internet. Sebagai contoh, jika timbul pertanyaan yang mencurigakan seperti pertanyaan untuk menginstall sebuah software atau pernyataaan selamat telah memenangkan sesuatu sebaiknya kamu abaikan saja atau tolak mentah-mentah.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

thank's for your comment