Rabu, 14 Oktober 2009

Tips jitu asah kreativitas

APA SIH KREATIVITAS ITU?
Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta/berkreasi.tidak ada pernyataan yang dapat diterima secara umum kenapa kreativitas itu timbul. Kreatifitas sering diangap terdiri dari 2 unsur yaitu kefasihan dan keluwesan.

MENGAPA MANUSIA BERKREASI?
Para ahli psikolog tidak sependapat dengan kebutuhan dan motif dasar yang dimiliki manusia untuk berkreasi. Namun penelitian menyatakan bahwa manusia berkreasi dikarenakan adanya kebutuhan dasar, seperti: keamanan, cinta dan penghargaan.mereka juga termotivasi untuk berkreasi oleh lingkungannyadan manffat dari kreasi seperti hidup yang lebih menyenangkan, kepercayaan diri yang besar, kegembiraan hidup dan kemungkinan untuk menunjukan kemampuan terbaik mereka.

HAL-HAL YANG DAPAT MENGHAMBAT KREATIF
Kebiasaan:
Kebiasaan adalah reaksi dan respon yang telah kita miliki untuik bertindak secara otomatis tanpa berpikir atau mengambil keputusan terlebih dahulu. Biasanya sulit untuk membuang kebiasaan, apakah itu baik ataupun buruk.

Waktu:
Kesibukan merupakan salah satu orang untuk menjadi lebih kreatif. Di sisi lain ada orang yang memounyai waktu untuk menjadi lebih kreatif dengan mencari waktu dari 24 jamyang sama yang tidak tersedia bagi setiap orang.

Dibanjiri masalah:
Kebanyakan dari kita merasa bahwa bila berhadapan dengan masalah membuat kita tidak punya cukup waktu dan tenaga untuk menjadi kreatif.kita selalu mengabaikan semua masalah dan tidak mau menyelesaikannya dengan otak.

Tidak ada masalah:
Kita adalah makhluk pemecah masalah, dengan adanya masalah yang muncul maka dapat membuat kita bisa berpikir lebih keras untuk dapat menyelesaikannya dengan baik. Jika dipecahkan dengan otomatis atau menurut kebiasaan, maka kita tidak akan pernah mengenal masalah yang sulit. Dan kita akan merasa bahwa kita tidak punya masalah.

Takut gagal:
Kegagalan dapat berupa pengasingan, kritik, kehilangan waktu, kehilangan pendapat, atau kecelakaan.akan tetapi lebih baik gagal dari pada tidak pernah mencoba sama sekali.

Kebutuhan akan sebuah jawaban sekarang:
Manusia tidak ingin mengalamu kesulitan karena tidak memiliki suatu jawaban langsung. Ketika suatu masalah muncul, kita secara langsung memberikan sebuah pemecahan.

Kegiatan mental yang sulit diarahkan:
Banyak diantara kita yang mengakui bahwa mengerahkan tenaga fisik jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengerahkan tenaga mental. Kita biasanya melaksanakan pekerjaan kita selam periode waktu yang cukup lama dengan hanya sedukit berpikir.

Kritik orang lain:
Ini adalah bagian tersulit. Bila sebuah gagasan yang baru diperkenalkan kepada orang lain kebanyakan gagasan tersbut dipatahkan dan diobrak-abrik orang lain. Memang kadang kala hal tersebut penting untuk membantu orang supaya tetap berpijak pada kenyataan.


BAGAIMANA MEMUNCULKAN GAGASAN KREATIF?
Kuantitas gagasan:
Teknik-teknik kreatif dalam berbagai tingkatan keseluruhanya bersandar pada pengembangan pertama sejumlah gagasan sebagai satu cara untuk memperoleh gagasan yang baik dan kreatif. Kecendrungan manusia untuk mendapatkan gagasan, pemecahan, ataupun penjelasan pertama yang muncul dan melekat dalam pikiran merupakan kerugian besar bagi kreatifitas. Jika masalahnya kecil, seperti apa yang akan disajikan untuk makan siang, maka pendekatanya mungkin tepat. Tetapi, bila masalahnya besar dimana kita ingin mendapatkan pemecahan baru dan orisinil, maka kita membutuhkan banyak gagasan utnuk dipillih.

Teknik Brainstorming:
Ini merupakan cara terbanyak digunakan, tetapi juga merupakan teknik pemecahan kreatif yang tidak banyak dipahami. Banyak orang menggunakan istilah brainstorming untuk mengacu pada suatu proses yang menghasilkan suatu gagasan baru atau menggunakannya untuk mengacu pada suatu kumpulan proses pemecahan masalah. Sebenarnya teknik brainstorming adalah kegiatn yang menghasilkan gagasan yang mencoba mengatasi segala hambatan dan kritik. Kegiatan tsb mendorong banayak gagasan, termasuk gagasan yang menyimpang liar. Teknik ini cenderung menghasilkan gagasan baru yang orisinil untuk menambah jumlah gagasan konvesional yang ada.

Sinektik:
Sinektik merupakan suatu metode atau proses yang menggunakan metafora dan analogi untuk menghasilkan gagasan kreatif atau wawasan segar ke dalam permasalahan. Guna menghentikan kebiasaan lama serta gagasan usang dan untuk memperkenalkan suasana rileks kedalam proses penggalian ide. Maka proses sinektik mencoba membuat yang “asing” menjadi “akrab” dan juga sebaliknya.

Memfokuskan tujuan:
Dr. Maxwell dalam bukunya Psycho Cybernetics menguraikan metode untuk mencapai hasil yang diharapkan secara kreatif. Buku tsb menguraikan pengalaman membentuk pola kreasi baru yang otomatis melalui imajinasi. Caranya adalah dengan berbuat seolah-olah apa yang diinginkan akan terjadi besok, telah terjadi saat ini. Apabila prose situ dilakukan secara berulang-ulang maka pikiran anda akan terpusat kearah tujuan yang dimaksud dan melibatkan automatic servo-mechanism anda.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

thank's for your comment